Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV

KAJIAN ILMIAH TENTANG ILMU PENDIDIKAN

L. Hendrowibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2016

Abstract

Sebagian ahli pendidikan mengatakan bahwa ilmu pendidikanadalah penerapan ilmu-ilmu lain dalam praktek pendidikan.Pendidikan hanyalah memanfaatkan hasil-hasil ailtropologi,5Osiologi, dan psikologi. Dengan telaah yang lebihdalam, kita temukan bahwa ilmu pendidikan sebagai ilmuyang berdiri sendiri, memiliki obyek dan metode kajian yangberbeda dengan ilmu-ilmu yang lain.Untuk mengkaji sesuatu ilmiah atau bukan harus dikaitkandenga tiga dasar keilmuan, yakni:: ontologis. epistemologis,dan aksiologis. Ontologis berkaitan dengan oby~k, epistemologisberkaitan dengan metode dan sistematikanya, danaksiologis berkaitan dengan kesejahteraan umat manusia.neogan tiga dasar keilmuan di atas, ilmu pendidikanmemenuhi syarat sebagai ilmu yang berdiri sendiri, bukansebagai kumpulan dari ilmu-ilmu lain.

Copyrights © 1994






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...