Jurnal Arastirma
Vol 1, No 2 (2021): JURNAL ARASTIRMA

PENGARUH DISIPLIN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA DOSEN (Pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang)

Indri Indirasari (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin terhadap kinerja dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang, mengetahui seberapa besar pengaruh kompensasi terhadap kinerja dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang dan mengetahui seberapa besar pengaruh secara simultan disiplin dan kompensasi terhadap kinerja dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.Metode. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang, dimana pada saat penelitian ini dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi berjumlah 464 dosen, sedangkan penentuan sampel menggunakan rumus slovin diperoleh 215 responden. Variabel penelitian terdiri dari variabel independen atau variabel bebas (X) adalah Disiplin (X1), Kompensasi (X2), sedangkan variabel dependen atau variabel terikat (Y) adalah Kinerja Dosen. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala 1 - 5 dengan 5 kategori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan uji regresi linier berganda.Hasil. Hasil dari penelitian ini disiplin berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen. Hal itu ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 22,629 pada df = 212 dengan nilai t tabel 1.971. Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 9,548 pada df = 212 dengan nilai ttabel 1.971. Disiplin dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen nilai Fhitung 289,24 >Ftabel 2,65 dan sig. α (0,000a) < alpha 5% (0,05).Implikasi. Penelitian ini telah membuktikan bahwa disiplin dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen, maka untuk penelitiaan lebih lanjut disarankan agar meneliti variabel lain diluar dari variabel ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Jaras

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ARASTIRMA adalah jurnal ilmiah yang meliputi kajian di bidang Sumber Daya Manusia, Pemasaran dan Keuangan yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Universitas Pamulang, Tangerang Selatan Banten. JURNAL ARASTIRMA secara teratur diterbitkan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun, yaitu pada ...