Jurnal Teknisi
Vol 1, No 1 (2021): February 2021

IMPLEMENTASI REAL TIME CLOCK ( RTC ) PADA ROBOT LINE FOLLOWER UNTUK VACUUM CLEANER BERBASIS ARDUINO

Regi Cahaya Ginting (STMIK Triguna Dharma)
Ishak Ishak (STMIK Triguna Dharma)
Suardi Yakub (STMIK Triguna Dharma)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2021

Abstract

Wabah penyakit corona virus (COVID-19) telah dinyatakan darurat kesehatan masyarakat oleh World Health Organization (WHO) dan virusnya kini telah menyebar ke banyak negara dan wilayah. Banyak korban telah meninggal yang disebabkan COVID-19 ditularkan melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Penting bagi warga untuk mengambil tindakan pencegahan penularan lebih lanjut serta mengurangi dampak wabah dan mendukung program pemerintah menangani Virus Corona. Dimana salah satu program pemerintah dalam menangani virus ialah dengan menjalankan protokol kesehatan COVID-19. Adapun point penting dalam protokol kesehatan yang dibuat oleh pemerintah yaitu menjaga jarak dan menjaga kebersihan tempat,seperti rumah,kantor,sekolah,dan lain-lain. Salah satu alat yang umum digunakan untuk membersikan tempat ialah Vacuum Cleaner atau penyedot debu,namun vacuum cleaner saat ini masih dijalankan dengan manual oleh manusia,agar protokol kesehatan dapat berjalan dengan menjaga jarak dan menjaga kebersihan,maka diperlukan sebuat sistem yang dapat melakukan pembersihan secara otomatis sesuai jadwal yang ditentukan,agar tempat tetap terjaga kebersihanya, salah satu cara yang dapat diterapkan adalah membuat robot line follower untuk vacuum cleaner yang akan berjalan otomatis dengan bantuan motor DC, yang akan membersihkan debu dan kotoran tepat waktu dan terjadwal dengan menggunakan Teknik Counter, Real Time Clock, dan microcontroler Arduino.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

teknisi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JURNAL TEKNISI is a scientific journal which is published by Smart Education. This journal contains a collection of research in computer tecnology and information system written by researchers, academicians, professionals, and ...