Jurnal Vastukara: Jurnal Desain Interior, Budaya, dan Lingkungan Terrbangun
Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Vastukara

DESAIN INTERIOR PUSAT PERMAINAN ANAK-ANAK TRADISIONAL BALI DI DARMASABA

Ida Bagus Gede Wismaya Utama (Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar)
I Made Pande Artadi (Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar)
Putu Ari Darmastuti (Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2021

Abstract

Perkembangan zaman saat ini begitu pesat dan mengubah pola kehidupan masyarakat dari konvensional menuju modern. Permainan anak-anak yang dulu sering dimainkan kini mulai berangsur-angsur ditinggalkan dan anak-anak banyak beralih menggunakan smartphone untuk bermain. Dampak dari hal tersebut membuat anak-anak menjadi lebih pasif dan jarang berinteraksi dengan lingkungannya. Menyikapi hal tersebut tercetus sebuah ide untuk membuat sebuah Pusat Permainan Tradisional Anak-Anak yang nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk memperkenalkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak. Pusat Permainan Tradisional Anak-Anak ini dirancang berada di daerah Darmasaba Bali. Penelitian proyek desain ini menggunakan metode glass box, black box serta exsplosing untuk menghasilkan desain interior yang menggabungkan unsur edukasi dan bermain. Konsep desain interior yang digunakan sebagai gagasan ide adalah Rare Angon. Diharapkan dengan konsep ini spirit yang terkandung didalamnya dapat membangkitkan minat anak-anak untuk bermain permainan tradisional kembali.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

vastukara

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science

Description

Jurnal Vastukara dikonstruksi sebagai jurnal online (e-journal). Jurnal ini di-review menggunakan sistem blind review. Jurnal Vastukara ditujukan sebagai media pengembangan keilmuan desain interior, budaya, dan lingkungan terbangun, untuk dapat dipublikasikan secara berkelanjutan. Publikasi ini ...