Perbal : Jurnal Pertanian Berkelanjutan
Vol 5, No 3 (2017)

Pengaruh pemberian ekstrak akar tuba untuk mengendalikan hama kutu daun aphis gossypii pada tanaman kacang hijau (vigna radiata l.)

Rahmawasiah rahmawasiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2017

Abstract

Rendahnya produksi dan produktivitas yang dicapai petani dalam pengembangan budidaya kacang hijau disebabkan oleh teknik budidaya yang belum optimal, pemupukan dan persediaan air kurang memadai, adanya serangan hama dan penyakit, serta adanya gangguan gulma yang merupakan pesaing dari kacang hijau. Pengaruh yang merugikan dari gulma terhadap tanaman budidaya dapat berupa persaingan dalam pemanfaatan unsur hara, air, cahaya serta ruang tempat tumbuh.. penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak akar tuba terhadap hama kutu daun (Aphis gossypii)pada tanaman kacang hijau (Vigna radiata L.), Untuk mengetahui konsentrasi ekstrak akar tubayang efektif untuk mengendalikan hama kutu daun (Aphis gossypii) pada tanaman kacang hijau (Vigna radiata L.). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan. P0: Tanpa Perlakuan (kontrol), P1: Pemberian Pestisida Nabati Akar Tuba (konsentrasi 15 ml/liter air), P2: Pemberian Pestisida Nabati Akar Tuba (konsentrasi 30 ml/liter air), P3: Pemberian Pestisida Nabati Akar Tuba (konsentrasi 45 ml/liter air). Hasil penelitian menunjukkan Pemberian ekstrak akar tuba dengan dosis 45 ml/L air (P3) memberikan hasil tertinggi terhadap parameter mortalitas dan intensitas serangan kutu daun Aphis gossypii dengan rata-rata mortalitas 25,28%, dan pada parameter intensitas serangan dengan rata-rata 25,74%. Kata kunci: ekstrak akar tuba, hama kutu daun, kacang hijau.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

perbal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal ini berisi tentang lingkup ilmu-ilmu pertanian, dengan prioritas pada ilmu dan teknologi tanaman (pangan, perkebunan, hortikultura, dan kehutanan), termasuk aspek pascapanen, sosial ekonomi, maupun ...