Perbal : Jurnal Pertanian Berkelanjutan
Vol 7, No 3 (2019)

Uji Beberapa Konsentrasi Ekstrak Bawang Merah Sebagai Zat Pengatur Tumbuh Terhadap Keberhasilan Sambung Pucuk Tanaman Kakao (Theobroma Cacao.L)

Nining Triani Thamrin (Fakultas Pertanian, Universitas Cokroaminoto Palopo)
Rahman Hairuddin (Fakultas Pertanian, Universitas Cokroaminoto Palopo)
Andi Hasrianti (Fakultas Pertanian, Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian dan dosis ekstrak bawang merah yang efektif terhadap keberhasilan sambung pucuk tanaman kakao. Penelitian dilaksanakan di Lahan Penelitian Agroteknologi Universitas Cokroaminoto Palopo, Kelurahan Rampoang, Kecamatan Bara, Kota Palopo. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2019, dengan mengunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari lima perlakuan dan tiga ulangan sehingga terdapat 15 unit percobaan, setiap unit percobaan terdiri atas 3 sampel tanaman sehingga terdapat 45 unit sampel tanaman. P0: Tanpa perlakuan (kontrol), P1: Ekstrak bawang merah 100 ml/l, P2: Ekstrak bawang merah 200 ml/l, P3: Ekstrak bawang merah 300 ml/l, dan P4: Ekstrak bawang merah 400 ml/l. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu kosnentrasi yang berpengaruh sangat nyata yakni hari muncul tunas dengan konsentrasi 100 ml/l (P1) sedangkan yang tidak memberikan pengaruh nyata yaitu parameter panjang tunas. Hari muncul tunas tercepat yakni pada konsentrasi P1 dengan rata-rata 7,17 hari dan panjang tunas terbaik yaitu pada konsetrasi P3 dengan rata-rata 13,65cm. Kata kunci : ekstrak bawang merah, entres, kakao.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

perbal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal ini berisi tentang lingkup ilmu-ilmu pertanian, dengan prioritas pada ilmu dan teknologi tanaman (pangan, perkebunan, hortikultura, dan kehutanan), termasuk aspek pascapanen, sosial ekonomi, maupun ...