Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Vol 4 No 2 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah

Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Meningkatkan Dana ZIS pada Lembaga Aamil Zakat di Era Covid-19

Muhamad Mujib (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Mega Amelia Nurvianti (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2021

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan efek yang sangat buruk pada perputaran perekonomian masyarakat. Dampak tersebut tidak hanya dirasakan oleh masyarakat umum namun berbagai organisasi atau lembaga yang bergerak dalam bidang bisnis maupun filantropi khususnya lembaga amil zakat juga terkena dampak tersebut. Organisasi maupun lembaga dituntut untuk lebih kreatif lagi dalam menjalankan kegiatan usahanya agar bisa mempertahankan eksistensinya. Salah satu lembaga amil zakat yang menerapkan strategi kreatif dalam kegiatan usahanya di era pandemi covid-19 yaitu Lemabag Amil Zakat (LAZ) Yatim Mandiri Kantor Layanan Lamongan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan strategi komunikasi pemasaran terpadu pada LAZ Yatim Mandiri Kantor Layanan Lamongan pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil obesrvasi dan wawancara dengan pihak LAZ Yatim Mandiri Kantor Layanan Lamongan. Data yang terhimpun kemudian direduksi untuk dipilih mana data yang sesuai untuk disajikan pada pembahasan penelitian ini. Penelitian ini memberikan hasil temuan bahwa LAZ Yatim Mandiri Lamongan menggunakan seluruh elemen-elemen komunkasi pemasrana terpadu. Selain itu terdapat beberapa cara kreatif yang dilakukan oleh LAZYatim Mandiri Kantor Layanan Lamongan dalam menunjang kegiatan pemasarannya. Salah satu cara kreatif tersebut yaitu melakukan pemasaran pada momen-momen penting. Pada masa pandemi covid-19 LAZ Yatim Mandiri Kantor Layanan Lamongan banyak melakukan pemasaran dengan menggunakan layanan internet. Hal tersebut disebabkan oleh pemberlakukan PSBB di Kabupaten Lamongan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alkharaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

AL-KHARAJ: The Journal of Islamic Economics, Finance & Business is a scientific journal published by the Center for Research and Strategic Studies (PRKS) of the Institute of Islamic Religion (IAI) National Laa Roiba Bogor. This journal contains scientific papers from academics, researchers and ...