ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah
Vol. 1 No. 1 (2021)

UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR TENSES SISWA KELAS X SMAN 2 JEMBER MELALUIā€ HUWO GAME DAN PEER TUTORING

MARIYANA MARIYANA (SMA Negeri 2 Jember)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan aktivitas serta hasil belajar siswa kelas X MIPA 8 SMA Negeri 2 Jember melalui teknik Huwo Game dan Peer Tutoring . Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas seperti yang dipaparkan oleh Kemmis dan MC Taggart yaitu yang terdiri dari empat komponen yang merupakan siklus mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan revisi . Penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus yaitu siklus I dan II dan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Seluruh data diperoleh melalui observasi, tes dan wawancara. Penerapan Huwo Game dan Peer Tutoring ini dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yaitu persentase keaktifan siswa mencapai 95,4%. Dengan teknik ini persentase jumlah siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru mencapai 91,7% dan yang aktif dalam diskusi kelompok mencapai 94,4% sementara tingkat kehadiran siswa stabil yaitu 100%.Tidak hanya partisipasi dan aktivitas siswa yang meningkat akan tetapi jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat sangat signifikan dari sebelum pelaksanaan siklus I sampai pada akhir siklus II yaitu pada pra siklus hanya 17 siswa (47,2 %), menjadi 28 (78 %) setelah siklus I dan menjadi 34 (94 % )setelah siklus II. Dengan penerapan teknik Huwo Game dan Peer Tutoring pada pembelajaran Tenses, hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu lebih dari 85%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

action

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics

Description

ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Classroom and School Action ...