Fokus Bisnis
Vol 14 No 1 (2015)

ANALISIS SIKAP ANGGOTA KOPERASI TERHADAP ATRIBUT-ATRIBUT JASA PELAYANAN PADA KOPERASI “SEJAHTERA” DI PURWOKERTO

Petrus Edi Sumantri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sikap anggota koperasi terhadap atribut jasa pelayanan yang diberikan oleh pengurus kepada anggota koperasi. Variabel dalam penelitian ini meliputi Reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles yang digunakan dengan cara membandingkan antara harapan dan keyakinan melalui metode analisis Multiatribute Attitude Model” (MAM). Hasil dari Penelitian menyatakan bahwa Sikap anggota koperasi terhadap atribut jasa pelayanan masuk dalam kategori sangat baik, sedangkan atribut yang paling dominan harus diperhatikan menurut anggota koperasi adalah atribut reliability. Implikasi dalam penelitian ini yaitu: sebaiknya pengurus koperasi memperhatikan atribut-atribut reliability, assurance, responsiveness, tangibles dan emphaty, serta atribut reliability menjadi atribut yang diprioritaskan oleh pengurus koperasi, yang berkaitan dengan kemampuan pengurus dalam memberikan pelayanan dengan segera dan memuaskan sesuai dengan yang telah dijanjikan. Kata kunci : reliability, assurance, responsiveness, tangibles dan emphaty

Copyrights © 2015