Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 3, No 2 (2021): Peqguruang, Volume 3, No.2, Nopember 2021

PENGARUH MODELPEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Hapipah Hapipah (Universitas Al Asyariah Mandar)
Herlina Ahmad (Universitas Al Asyariah Mandar)
Reskiah Reskiah (Universitas Al Asyariah Mandar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas VII SMP Negeri Padang Mawalle yang berjumlah 62 orang dan sampelnya adalah siswa  kelas VII A yang berjumlah 31 orang dan kelas VII B yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes prestasi belajar matematika, lembar aktivitas siswa, keterlaksanaan pembelajaran, dan angket Motivasi belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis statistik, diperoleh nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimenyaitu 58,87 dan kelas kontrol yaitu 58,12. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu 82,90dan kelas kontrol 60,16. Dan juga rata-rata motivasi siswa yang termotivasi positif dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 93,39%. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata yang diperoleh yaitu 64,51%.Dilihat dari aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase 94,15%.Untuk motivasi siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 98,39%.Hasil perhitungan uji t untuk data posttest diperoleh data nilai  sebesar 8,891. Sedangkan untuk nilai  sebesar 1,670 yang berarti  yaitu 8,891>1,670. Dari hasil analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial disimpulkan bahwa penggunaan modelpembelajaran tutor sebaya efektif terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri Padang Mawalle.Kata Kunci : pengaruh, model tutor sebaya, motivasi, prestasi belajar matematika siswa.Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas VII SMP Negeri Padang Mawalle yang berjumlah 62 orang dan sampelnya adalah siswa  kelas VII A yang berjumlah 31 orang dan kelas VII B yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes prestasi belajar matematika, lembar aktivitas siswa, keterlaksanaan pembelajaran, dan angket Motivasi belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis statistik, diperoleh nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimenyaitu 58,87 dan kelas kontrol yaitu 58,12. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu 82,90dan kelas kontrol 60,16. Dan juga rata-rata motivasi siswa yang termotivasi positif dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 93,39%. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata yang diperoleh yaitu 64,51%.Dilihat dari aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase 94,15%.Untuk motivasi siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 98,39%.Hasil perhitungan uji t untuk data posttest diperoleh data nilai  sebesar 8,891. Sedangkan untuk nilai  sebesar 1,670 yang berarti  yaitu 8,891>1,670. Dari hasil analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial disimpulkan bahwa penggunaan modelpembelajaran tutor sebaya efektif terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri Padang Mawalle.Kata Kunci : pengaruh, model tutor sebaya, motivasi, prestasi belajar matematika siswa.

Copyrights © 2021