Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 2, No 1 (2020): Peqguruang, Volume 2, No.1, Mei 2020

Pengaruh Alat Peraga Sister Sari Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 4 Polewali

Lensi Melti (Pendidikan Matematika, Universitas Al Syariah Mandar)
Kamaruddin Tone (Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar)
Herlina Ahmad (Program Studi Pendidikan Matemtika, Universitas Al Asyariah Mandar)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga sister sari ( Sistem Persamaan Linear Satu Variabel) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Polewali. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 4 Polewali. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dan terpililah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar matematika peserta didik melalui pretes  dan posttest serta aktivias peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata hasil belajar matematika peserta didik kelas eksperimen dengan penggunaan alat peraga adalah  82.97%, sedangkan hasil belajar matematika kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional adalah 58,83. Sedangkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa data yang diambil telah layak untuk di uji hipotesis yaitu data berdistribusi normal dan homogeny. Dalam penelitian ini H0  ditolak dan H1 diterima karena nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dengan demikian, disimpulkn bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga sister sari terhadap hasil belajar matematika peserta didik SMP Negeri 4 Polewali, 

Copyrights © 2020