Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa saja yang didapat dalam belajar matematika berbasis bahasa Mandar di pedalaman Polewali Mandar. Rendahnya Penggunaan bahasa Indonesia siswa menjadi masalah yang mendesak untuk diselesaikan. Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika siswa adalah siswa kurang memahami bahasa Indonesia secara baik. Dalam masalah tersebut, dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Oleh sebab itu perlunya untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa saja yang didapat dalam belajar matematika berbasis bahasa Mandar di pedalaman Polewali Mandar. Adapun sebagian siswa yang kesulitan dalam memahami konsep matematika yang guru ajarkan adalah adanya istilah matematika yang mereka kurang pahami yaitu prisma, kubus, limas dan benda-benda yang lain yang tidak diketahui bahasa mandarnya. Selain itu guru juga tidak menggunakan alat peraga yang memadai, sebagian besar guru hanya menggunakan media gambar.
Copyrights © 2019