Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 3, No 1 (2021): Peqguruang, Volume 3, No.1, Mei 2021

SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA PELAYANAN POLI GIGI PADA PUSKESMAS MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS BERBASIS WEB

Hariani Hariani (Universitas Al Asyariah Mandar)
Muhammad Sarjan (Universitas Al Asyariah Mandar)
Syarli Syarli (Universitas Al Asyariah Mandar)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Pelayanan publik oleh aparatur pemerintah desa ini masih banyak dijumpai kekurangan sehingga belum dapat memenuhi kualitas yang diharapkan masyarakat. Mengingat fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat maka pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan.Puskesmas pelitakan selama ini belum didukung program atau informasi yang terkomputerisasi dengan baik, khususnya pada pengolahan data kinerja unit pelayanan. Dengan kondisi ini menyebabkan pengolahan data yang tidak efisien.  Misalnya untuk menyusun data hasil kuisioner harus membuka file yang terkait dengan hal tersebut. Dalam kondisi ini menyulitkan petugas dalam melakukan perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).Metode yang digunakan untuk melakukan perhitungan IKM adalah metode k-means, untuk itu dibuat suatu sistem informasi penilaian kinerja pelayanan poli gigi pada puskesmas pelitakan menggunakan algoritma k-means berbasis web yang dapat menghasilkan informasi cepat,tepat dan akurat serta penyimpanan pengolahan data tidak membuang waktu percuma dengan melakukan perhitungan.

Copyrights © 2021