Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 3, No 2 (2021): Peqguruang, Volume 3, No.2, Nopember 2021

Pengaruh Model Calloborative Problem Solving dengan Strategi Writing In Performance Tasks (WIPT) terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Nuraeni Nuraeni (Universitas Al Asyariah Mandar)
Muhammad Assaibin (Universitas Al Asyariah Mandar)
Ahmad Syah (Universitas Al Asyariah Mandar)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran calloborative problem solvingdengan strategi writing in performance tasks (wipt) terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada pokok bahasan Garis dan Sudut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonomulyo dan sampelnya adalah kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIE sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan representasi matematis dan lembar observasi. Untuk pengolahan data yang terkumpul digunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 81,10  sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 57,86. Hasil perhitungan uji-t diperoleh  sebesar 7,080 dan  sebesar 1,671 berarti  yaitu 7,080  1,671. Selanjutnya dari signifikan 0,001 untuk  = 0,05 terlihat bahwa sig  0,05. Dari hasil analisis deskriptif dan analisis inferensial dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran calloborative problem solvingdengan strategi writing in performance tasks (wipt) berpengaruh positif terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonomulyo.

Copyrights © 2021