Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 1, No 2 (2019): Peqguruang Volume 1, Nomor 2, Nopember 2019

Peningkatan Keterampilan Menyimak Kritis Menggunakan Metode VAK (Visualization Auditory Kinestetic)

Andriani Andriani (Universitas Al Asyariah Mandar)
Haerani Haerani (Universitas Al Asyariah Mandar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya ketuntasan belajar peserta didik dalam menyimak berita pada pembelajaran bahasa indonesia, hal ini di akibatkan karena model pembelajaran atau metode pembelajaran yang di sajikan kurang tepat terhadap karakteristik materi pelajaran, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatakan  keterampilan Menyimak Kritis menggunakan metode VAK (Visualization Auditory Kinestetic)  Peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 4 Polewali, Jenis penelitian ini adalah PTK yang di laksanakan 2 siklus, dengan jumlah peserta didik adalah 38 orang. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik Observasi, angket respon peserta didik dan pemberian tes kemampuan menyimak berita yang di berikan melalui metode VAK. Adapun hasil penelitian sangat baik terlihat dari nilai perolehan peserta didik berada kategori baik pada siklus I kesiklus II, aktivitas peserta didik berada pada kategori baik pada siklus I dan pada siklus II berada kategori sangat baik, sedangkan nilai perolehan keterampilan menyimak berita berada pada kategori sangat kurang pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan berada pada kategori sangat baik dengan tingkat ketuntasan 100%.

Copyrights © 2019