Aktifitas pembelajaran yang menyenangkan akan berdanpak kepada keberhasilan dalam suatu proses belajar di sekolah, terutama mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Sehingga dengan kemampuan guru yang mempuni akan mampu mengembangkan sebuah proses belajar dari yang kaku kepada pembelajaran yang aktif dan kreatif bagi seluruh siswa, Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi tentang danpak dari sebuah model pembelajaran sambil bermain terhadap perubahan kesegaran jasmani siswa. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan metode eksperimen, dengan melibatkan sebanyak 30 orang siswa sekolah SMA Negeri 1 Sigli sebagai sampel dalam penelitian ini. Hasil analisi data yang digunakan adalah dengan perhitungan statistik menentukan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan, maka diperoleh pengujian hipotesis (thitung) sebesar 45,35 pada taraf signifikan dengan = 0,05 dan dk = n-1 = 29 diperoleh tt = 2,04, maka th > tt (45,35 > 2,04 ). Sehingga dalam hal ini Ho ditolak dan Ha diterima. Maka ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan belajar sambil bermain terhadap kesegaran jasmani pada siswa SMA Negeri 1 Sigli tahun pelajaran 2019/2020
Copyrights © 2021