Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF)
Vol 1, No 1 (2020): Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF)

Pengaruh Minyak Zaitun dan Olahraga Terhadap Kadar Trigliserida Tikus Wistar Diet Tinggi Lemak

Muhammad Arfan Billah Simatupang (Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Hendra Sutysna (Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
15 May 2020

Abstract

Latar belakang: Trigliserida merupakan salah satu komponen lipid yang digunakan dalam tubuh untuk menyediakan energi untuk berbagai proses metabolik. Pada dislipidemia terjadi kelainan metabolisme lipid yang ditandai dengan peningkatan maupun penurunan fraksi lipid dalam plasma. Minyak zaitun (extra virgine olive oil) dan olahraga intensitas sedang dapat menurunkan kadar lipid di dalam darah melalui kandungan antioksidan dan efek lipolisis dari masing-masing. Tujuan: Mengetahui pengaruh minyak zaitun (extra virgine olive oil) dan olahraga intensitas sedang terhadap kadar trigliserida pada tikus jantan galur wistar (Rattus novergicus L.) yang diberi diet tinggi lemak. Metode: Penelitian ini adalah true experimental pretest dan posttest with control group design. Penelitian dibagi 4 kelompok yaitu K (diet tinggi lemak), P1 (diet tinggi lemak + minyak zaitun), P2 (diet tinggi lemak + olahraga intensitas sedang), P3 (diet tinggi lemak + minyak zaitun & olahraga intensitas sedang) dan dilihat kadar trigliserida dari tiap kelompok. Hasil: Rata-rata kadar trigliserida kelompok P3 sebelum dan sesudah intervensi adalah 112,85 mg/dl – 97,14 mg/dl. Hasil uji kemaknaan p=0,313 (p>0,05). Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang tidak bermakna pada kadar trigliserida tikus jantan galur wistar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MJNF

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Immunology & microbiology Nursing Public Health

Description

Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food science (MJNF) adalah jurnal ilmiah dalam bidang ilmu gizi dan pangan yang terbit secara berkala, setiap dua kali dalam setahun (Mei dan November), yang diterbitkan oleh Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta. MJNF ...