Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF)
Vol 1, No 2 (2020): Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF)

Kadar Kolesterol Total dengan Gangguan Pendengaran Sensorineural Bilateral: Penelitian Potong Lintang

Muhammad Alip Meruza Salim (Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Muhammad Edy Syahputra Nasution (Departemen Ilmu Penyakit Telinga, Hidung, Tenggorokan, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Latar belakang: Hiperkolesterolemia merupakan peningkatan kadar kolesterol dalam plasma dan faktor resiko berbagai penyakit kardiovaskular. Hiperkolesterolemia dapat menyebabkan komplikasi, salah satunya ialah gangguan pendengaran. Namun hubungan kejadian antara kadar kolesterol total dengan timbulnya gangguan pendengaran, saat ini masih menjadi perdebatan, karena belum adanya konsensus yang pasti. Tujuan: Untuk mengetahui adanya hubungan antara kadar kolesterol total dengan gangguan pendengaran. Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross-sectional. Data diperoleh dari pemeriksaan kadar kolesterol total, pemeriksaan fisik telinga, hidung, dan tenggorokan dan pemeriksaan audiometri nada murni yang dilakukan terhadap 38 subjek di rumah sakit tipe B. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji chi square. Hasil: Didapatkan adanya hubungan antara kadar kolesterol total dengan gangguan pendengaran pada pasien dengan kadar kolesterol total ≥ 200 mg/dL (p = 0,001), dijumpai gangguan pendengaran yaitu sebanyak 52,6% dengan jenis gangguan pendengaran terbanyak adalah gangguan pendengaran sensorineural yaitu sebanyak 52,6%, dan derajat gangguan pendengaran terbanyak adalah derajat sedang yaitu sebanyak 45,4%. Kesimpulan: Dijumpai adanya hubungan yang bermakna antara kadar kolesterol total dengan gangguan pendengaran sensorineural.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MJNF

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Immunology & microbiology Nursing Public Health

Description

Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food science (MJNF) adalah jurnal ilmiah dalam bidang ilmu gizi dan pangan yang terbit secara berkala, setiap dua kali dalam setahun (Mei dan November), yang diterbitkan oleh Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta. MJNF ...