Tujuan dari penelitian untuk mengeksplorasi secara mendalam data tentang Upaya Guru Bk Untuk Meningkatkan Sikap Tengang Rasa berupaya untuk menguraikan hasil temuan penelitian dan menentukan fakta-fakta dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan langsung/observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah, Guru BK, Wali kelas dan Siswa SMP Negeri 19 Medan. Kesimpulan dari penelitian ini dapat dijelaskan bahwa upaya guru BK untuk meningkatkan sikap tenggang rasa siswa dengan melalui konseling kelompok di SMP Negeri 19 Medan yang dilakukan guru BK yang bertujuan agar siswa dapat menghargai, menghormati orang lain melalui ucapan,perbuatan dan tingkah laku yang baik, dan layanan konseling kelompok sangat membantu guru BK dalam membentuk prilaku siswa. guru BK juga menggunakan program bimbingan konseling dalam membantu pembentukan tingkah laku siswa. Upaya guru BK untuk meningkatkan sikap tenggang rasa siswa berjalan baik secara efektif.Kata Kunci : Sikap Tenggang Rasa, Konseling Kelompok
Copyrights © 2020