Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 9, No 2 (2021): BIOED : Jurnal Pendidikan Biologi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MIPA

sutrisno sutrisno (SMA Negeri 5 Cirebon)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Pembaharuan dalam meningkatkan kreatifitas guru perlu dilakukan dalam pengelolaan proses pembelajaran biologi di kelas XI MIPA SMAN 5 Cirebon. Siswa kurang berani bertanya, siswa kurang menguasai keterampilan proses sains, siswa cenderung pasif, rendahnya nilai rata-rata 57 (KKM = 75). Untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa lebih aktif perlu adanya strategi dalam kreatifitas guru. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar materi sistem pencernaan manusia pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui pendekatan inkuiri terbimbing. Hasil pengamatan kinerja guru dan aktivitas siswa berupa data kualitatif, sedang hasil test tulis ulangan berupa data kuantitatif. Hasil penelitian: (1) keterlaksanaan kinerja guru  di siklus I; 80,5% (baik) dan di siklus II; 91% (sangat baik) peningkatan 10,5 (2) aktivitas siswa meningkat di siklus I; 71,5% (cukup) dan di siklus II; 90,8% (sangat baik) ada peningktan 19,3% (3) peningkatan persentase ketuntasan belajar di siklus I; 54,5% (18 siswa) dan di siklus II; 90,9% (30 siswa) meningkat sebesar 36,4% (12 siswa), nilai rata-rata meningkat sebesar 10,7 di siklus I; 69,5 dan di siklus II; 80,2. Simpulan hasil belajar meningkat pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe  Student Teams Achievement Division (STAD) melalui pendekatan inkuiri terbimbing di kelas XI MIPA 2.” Kata Kunci:           Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division); Inkuiri terbimbing; Hasil belajar siswa; Aktivitas siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan ...