Majalah Komunikasi Massa
Vol 2, No 2 (2021): Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa

TINJAUAN PEMIKIRAN ELIHU KATZ: MEDIA, TEKNOLOGI, DAN EFEK

Muh. Bahruddin (Universitas Dinamika)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2021

Abstract

Elihu Katz membagi empat tradisi penelitian komunikasi yang menjelaskan efek media. Pertama, tradisi kritis yang menekankan kepemilikan media. Kedua, teori teknologi yang berfokus pada bagaimana media menentukan cara berpikir khalayak. Ketiga, teori isi yang melihat kemampuan media dalam mempengaruhi khalayak. Keempat, tradisi kontekstual yang berfokus pada bagaimana khalayak ditempatkan oleh media. Keempat pendekatan ini menarik Katz untuk mempelajari media massa lebih jauh. Perkembangan teknologi membuat kajian media massa semakin progresif. Tulisan ini membahas bagaimana Katz memetakan efek media yang didasarkan pada tradisi dan bagaimana keterlibatan teknologi komunikasi mengubah banyak konsep dan efek media massa hari ini.

Copyrights © 2021