UMKM Talas Kunti merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang makanan ringan yang ada di Pontianak. UMKM Talas Kunti dirasa masih perlu merancang strategi bersaing dikarenakan jumlah penjualan yang mengalami penurunan setiap tahunnya. Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penjualan UMKM Talas Kunti yaitu strategi pemasaran yang kurang baik dan mnculnya pesaing bisnis baru. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan penelitian mengenai analisis terhadap strategi bersaing dengan menggunakan metode SWOT, CPM, dan QSPM. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan penyebaran kuesioner terhadap pihak UMKM dan konsumen.Responden pemilik dan karyawan UMKM digunakan untuk menganalisis SWOT. Responden konsumen digunakan untuk menganalisis CPM. Hasil yang didapat dari analisis SWOT dapat digunakan untuk membuat matrik IE dan matrix SWOT, sedangkan hasil analisis CPM digunakan untuk membuat Grand Strategy Matrix. Semua data akan diuji konsistensi sebelum diolah. Hasil penelitian yang didapatkan menggunakan metode SWOT dan QSPM yaitu matriks IE berada pada kuadran II. Hasil matriks SWOT diperoleh rekomendasi alternatif strategi berupa market penetration, product development, forward integration dan horizontal integration. Sedangkan untuk Grand Strategy Matrix berada pada kuadran I yang artinya bersifat agresif. Selanjutnya, membandingkan alternatif strategi yang diperoleh dari masing masing ketiga alat bantu dan didapatkan alternatif strategi terbaik yaitu market penetration dan product development. Hasil dari matriks QSPM dengan 2 alternatif strategi yaitu market penetration dan product development yaitu strategi product development menjadi prioritas utama UMKM Talas Kunti dikarenakan skor TAS yang didapatkan sebesar 5.63 dibandingkan dengan market penetration sebesar 5.49. Kata Kunci : AHP, Strategi Bersaing, SWOT, QSPM, Uji Konsistensi.
Copyrights © 2021