Jurnal TIN Universitas Tanjungpura
Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Teknik Industri Universitas Tanjungpura

PERUMUSAN STRATEGI BERSAING PRODUK UMKM TALAS KUNTI MENGGUNAKAN METODE SWOT, CPM DAN QSPM

Sarfin, Gilang Ramadhani (Unknown)
Budiman, Riadi (Unknown)
Prima, Febri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

UMKM Talas Kunti merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang makanan ringan yang ada di  Pontianak. UMKM Talas Kunti dirasa masih perlu merancang strategi bersaing dikarenakan jumlah penjualan yang  mengalami penurunan setiap tahunnya. Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penjualan UMKM Talas  Kunti yaitu strategi pemasaran yang kurang baik dan mnculnya pesaing bisnis baru. Berdasarkan hal tersebut, maka  diperlukan penelitian mengenai analisis terhadap strategi bersaing dengan menggunakan metode SWOT, CPM, dan  QSPM. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan penyebaran kuesioner terhadap pihak UMKM dan  konsumen.Responden pemilik dan karyawan UMKM digunakan untuk menganalisis SWOT. Responden konsumen  digunakan untuk menganalisis CPM. Hasil yang didapat dari analisis SWOT dapat digunakan untuk membuat matrik  IE dan matrix SWOT, sedangkan hasil analisis CPM digunakan untuk membuat Grand Strategy Matrix. Semua data  akan diuji konsistensi sebelum diolah. Hasil penelitian yang didapatkan menggunakan metode SWOT dan QSPM yaitu matriks IE berada pada  kuadran II. Hasil matriks SWOT diperoleh rekomendasi alternatif strategi berupa market penetration, product  development, forward integration dan horizontal integration. Sedangkan untuk Grand Strategy Matrix berada pada  kuadran I yang artinya bersifat agresif. Selanjutnya, membandingkan alternatif strategi yang diperoleh dari masing masing ketiga alat bantu dan didapatkan alternatif strategi terbaik yaitu market penetration dan product development. Hasil dari matriks QSPM dengan 2 alternatif strategi yaitu market penetration dan product development yaitu strategi  product development menjadi prioritas utama UMKM Talas Kunti dikarenakan skor TAS yang didapatkan sebesar  5.63 dibandingkan dengan market penetration sebesar 5.49. Kata Kunci : AHP, Strategi Bersaing, SWOT, QSPM, Uji Konsistensi.

Copyrights © 2021