Muhammadiyah Journal of Midwifery (MyJM)
Vol 2, No 1 (2021): Muhammadiyah Journal of Midwifery (MyJM)

Tingkat Pemahaman Siswi SMAN 1 Sindang Indramayu Mengenai Kanker Serviks dan Faktor Penyebabnya

Putri Mega Rahayu (Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia)
Oghi Hermawan (Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia)
Nurin Nadzifatil Fitriyah ([Scopus ID.57195528267] Medical Faculty, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2021

Abstract

Latar Belakang: Kanker serviks merupakan kanker dengan angka kejadian tertinggi ke-2 di Indonesia. Besarnya kasus kanker serviks yang ditemukan, mendorong pertanyaan, seberapa besar pemahaman masyarakat, terutama remaja mengenai kanker serviks. Tujuan: Mengetahui bagaimana tingkat pemahaman siswi SMAN 1 Sindang Indramayu mengenai kanker serviks dan faktor yang menyebabkannya. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan cara pengambilan data secara kuesioner online. Pengambilan data dilakukan pada bulan November- Desember tahun 2020, dengan jumlah sampel sebanyak 85 siswi. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa tingkat pemahaman siswi SMAN 1 Sindang Indramayu adalah cukup. Kesimpulan: Diperlukan tindak lanjut untuk mengatasi hal tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MyJM

Publisher

Subject

Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

MUHAMMADIYAH JOURNAL OF MIDWIFERY (MyJM) adalah jurnal ilmiah resmi yang diterbitkan secara rutin oleh Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta. MyJM terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Ruang lingkup jurnal ini meliputi kesehatan ibu dan anak, ...