Journal of Nonformal Education
Vol 3, No 1 (2017): February 2017

MOTIVASI WARGA BELAJAR DALAM MENGIKUTI PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM KELOMPOK BELAJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT TUNAS BANGSA BREBES

Senjawati, Riski Arum (Unknown)
Fakhruddin, Fakhruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2017

Abstract

Motivasi warga belajar adalah dorongan yang terdapat pada warga belajar baik kondisi fisik dan psikologis untuk mencapai tujuan tanpa memandang batas usia. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan motivasi warga belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi warga belajar dalam mengikuti pendidikan kesetaraan program paket C di PKBM Tunas bangsa Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di PKBM Tunas Bangsa Brebes. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumetasi. Subjek penelitian 4 warga belajar paket C, 1 tutor paket C, 1 pengelola PKBM dan 1 tokoh masyarakat. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teori. Metode analisis data melaui reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan keaktifan, kehadiran,  kesiapan warga belajar serta semanagat  dalam mengikuti paket C masih rendah, sarana prasarana yang memadai belum maksimal. Warga belajar mengikuti paket  C dengan harapan memperoleh ijazah setara SMA/MA sebagai persyaratan pekerjaan, serta pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Faktor internal yang mempengaruhi motivasi warga  belajar yaitu kondisi  jasmani dan rohani sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan sosial, latar belakang keluarga, tingkat pendidikan orang tua, dan ekonomi.Motivation people learn is the urge residents who are on the learners both physical and psychological conditions to achieve goals regardless of the age limit. The purpose of this study to describe the motivations of learning and the factors that affect learners in following equality education program package C in PKBM Tunas bangsa Brebes. This study used a qualitative descriptive approach. Locations of research in PKBM Tunas Bangsa Brebes. Data collection through interviews, observation , and Documentation. 4 research subjects residents to learn the package C, 1 tutor package C , 1 and 1 manager CLC community leaders . The validity of the data using triangulation source . Methods of data analysis through data reduction , data display , and data verification . The results of this study demonstrate the activity, presence, readiness to learn and semanagat citizens to follow the package C is low, adequate infrastructure is not maximized. Residents learn to follow the package C in the hope of obtaining the equivalent high school diploma/ MA as a condition of employment, and education to a higher level. Internal factors which influence the motivations of learning that physical and spiritual conditions while external factors, namely the social environment, family background, parental education, and economics.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jne

Publisher

Subject

Education

Description

This Journal collaborates with Ikatan Akademisi Pendidikan Nonformal & Informal and Himpunan Akademisi dan Program Studi Penmas Indonesia containing research articles in the field of Nonformal ...