AKADEMIKA
Vol 10, No 1 (2021): April 2021

KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TABEL PERKALIAN PINTAR

Raina K. Awal (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Uninersitas Muhammadiyah Gorontalo)
Yusraningsih H. Pongoliu (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Uninersitas Muhammadiyah Gorontalo)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2021

Abstract

The purpose of research was to increase the ability to calculate the volume of cubes and ballots for class V SDN 30 Paguyaman, Boalemo Regency using smart multiplication table media. The type of research used was class action research with the subject of research, namely grade V SDN 30 Paguyaman District, Boalemo regency. The research used the instrument of observing teacher activity, student activity, and student learning outcomes. The results of this research indicate an increase in the ability to calculate the volume of cubes and blocks. This is indicated by an increase in the computational ability in cycle I classically up to 33%, and in Cycle II to 83%. This shows that the results achieved by students have exceeded the work indicators that have been formulated, namely ≥80% of students classically subjected to actions to get ≥70 learning outcomes according to the KKM, it can be concluded that by using the intelligent multiplication table media the ability to calculate the volume of cubes and ballots for class V increases.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghitung volume kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 30 Paguyaman Kabupaten Boalemo dengan menggunakan media tabel perkalian pintar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 30 Paguyaman Kabupaten Boalemo yang berjumlah 12 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menghitung volume kubus dan balok. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan hasil kemampuan menghitung siswa pada siklus I secara klasikal mencapai 33 %, dan pada siklus II menjadi 83 %. Hal ini menunjukkan bahwa hasil yang dicapai siswa telah melebihi indikator kerja yang telah dirumuskan yaitu ≥80 % siswa secara klasikal yang dikenai tindakan memperoleh hasil belajar ≥70 sesuai KKM, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media tabel perkalian pintar kemampuan menghitung volume kubus dan balok pada siswa kelas V meningkat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

akademika

Publisher

Subject

Description

Akademika : Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang terbit secara berkala pada bulan April dan September diterbitkan pertama kali pada bulan April 2012 (versi cetak) dan telah migrasi ke terbitan online sejak Bulan September 2017, oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian ...