Sigmagri
Vol 1 No 1 (2021): Juni 2021

EFISIENSI SALURAN PEMASARAN DURIAN (Durio zibethinus) DI DESA MLANCU KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN KEDIRI

Siti Nur Kholifah (Universitas KH A Wahab Hasbullah)
Dyah Ayu Sri Hartanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2021

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Farmer’s Share, Marjin Pemasaran dan Efisiensi Pemasaran durian di Desa Mlancu Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Metode penelitian dan pengumpulan data pada penelitian ini adalah survey, observasi dan wawancara pada 178 antara lain petani, pedagang, tengkulak, penebas menjadi responden. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2019. Saluran pemasaran durian di Desa Mlancu Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri terdapat IV saluran pemasaran. Saluran pemasaran paling banyak di lakukan oleh petani dan lembaga pemasaran adalah saluran II yaitu sebanyak 85 orang atau 47,7%, kemudian pada saluran III sebanyak 45 orang atau 25,3% diikuti pola IV sebanyak 22 orang atau 12,4% dan 26 orang pada saluran pemasaran I atau 14,6%. Nilai farmer’s share yang diperoleh pada saluran pemasaran I 100%, saluran pemasaran II sebesar 71,4 %, saluran pemasaran III sebesar 62,5%, dan saluran pemasaran IV sebesar 33,3%. Pada nilai marjin pemasaran, saluran pemasaran I tidak adanya marjin pemasaran dikarenakan petani langsung memasarkan durian kepada konsumen, sehingga tidak ada lembaga pemasaran yang terlibat. Sedangkan margin pemasaran pada saluran ke II sebesar Rp 10.000,00/ buah, saluran pemasaran III Rp15.000,00/ buah dan saluran pemasaran yang ke IV sebesar Rp 30.000,00/ buah. Saluran pemasaran durian di Desa Mlancu Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri sudah efisien.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sigmagri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: 1. Agribusiness Management 2. Agriculture Economics, 3. Social Science 4. Rural Development 5. Rural Sociology 6. Risk Management 7. Agriculture Extension 8. Financial Management 9. Marketing ...