Studi ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pola asuh orangtua yang berkaitan dengan penggunaan bahasa lisan yang dapat memengaruhi komunikasi anak dalam lingkungan sosial. Studi ini juga untuk mengetahui solusi yang dilakukan guru dalam menangani masalah yang berkaitan dengan penggunaan bahasa yang dapat mempengaruhi komunikasi anak dengan lingkungannya. Berdasarkan teori dan telaah masalah bahasa lisan yang menjadi fokus didefinisikan sebagai bahasa yang selayaknya dihindari oleh para orang tua dalam mengajarkan anak berkomunikasi dan menggunakan bahasa sehari-hari. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap masalah yang terjadi. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil studi menggambarkan pola asuh yang dilakukan oleh orangtua, deskripsi perilaku, dan komunikasi anak terhadap lingkungan, serta penerapan strategi yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi peserta didiknya
Copyrights © 2020