Sosio Konsepsia
Vol 16 No 3 (2011): Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial

KETIDAKBERDAYAAN (POWERLESSNESS) ORANG DENGAN HIV/ AIDS (ODHA) DI KOTA MALANG

Rinikso Kartono (Rinikso Kartono: Dosen pada Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang. Kandidat Doktor Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Indonesia.)



Article Info

Publish Date
17 May 2017

Abstract

Penelitian tentang ketidakberdayaan (powerlessness) orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dikota Malang adalah bertujuan untuk mengetahui manifestasi ketidakberdayaan ODHA (Fisik,psikologis dan sosial), faktor-faktor yang menyebabkan ketidakberdayaan ODHA dan efek yang dialami ODHA sebagai akibat ketidakberdayaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Untuk mendapatkan subyek penelitian dilakukan dengan cara snowballing sampling, sedangkan teknik pengumpulan data digunakan observasi, Focus Group Discussion (FGD) dan depth interview. Hasil penelitian menunjukan bahwa ODHA mengalami oleh faktor ketidaktahuan dan pengetahuan yang keliru tentang HIV/AIDS, pengaruh infeksi oportunistik, pengaruh obat, stigma dan diskriminasi, hilangnya dukungan sosial, pengobatan yang salah dan jangkauan layanan kesehatan. Kondisi ketidakberdayaan akan memberi efek yang lebih komplek dan luas mulai semakin merebaknya penyebaran virus HIV/AIDS, kematian yang cepat, hingga menjadi beban sosial, baik keluarga, komunitas maupun negara. Kata-kata kunci: ketidakberdayaan, HIV/AIDS, ODHA, stigma, diskriminasi.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

SosioKonsepsia

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Sosio Koncepsia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial presents scientific essays in the form of the results of field research on social welfare. Publish three times the April, August and December periods. ...