JURNAL PENDIDIKAN KEPERAWATAN INDONESIA
Vol 7, No 1 (2021): Volume 7, Nomor 1 (2021)

Attitude Towards E-Learning Among Nurses in Continuing Education

Mulyadi, Doddy (Unknown)
Pujiati, Riska Yulia (Unknown)
Eka, Ni Gusti Ayu (Unknown)
Cicilia, Sarah Lidya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

ABSTRACTIntroduction: The rapid development of technology encourages learning methods that are more practical, efficient, and fast. E-learning is believed to be an effective learning method for nurses in the hospital environment. The e-learning module requires adequate facilities and positive learner characteristics. Understanding nurses' needs and learning perspectives will facilitate e-learning implementation, especially for continuing nursing education. Objectives: This study aimed to analyze the relationship between experiences and the importance of e-learning, barriers, motivation, and nurses' attitudes towards the e-learning method in a private hospital. Methods: This study applied a quantitative method with a correlation design and conducted a purposive sampling technique with 66 samples. This study used an attitude questionnaire towards e-learning which was adapted from Chong. Results: This study revealed that most of the nurses already had experienced e-learning (98.5%). In addition, half of the nurses had positive attitudes towards e-learning (53%), almost two-thirds of nurses were motivated (74.2%), more than half perceived that e-learning is less critical (51.5%), and nurses reported a few obstacles to participating in e-learning (57.6%). Moreover, there was no significant relationship between experience, barriers, motivation, the importance of e-learning, and nurses' attitudes towards e-learning (p value 0.05). On the other hand, nurses also reported the main barriers to participating in e-learning included lack of time and minimum computer access to the internet ( 70%). Discussion: It is noted that nurses have the motivation to continue learning in the scope of clinical practice using e-learning. Only some nurses show a positive attitude towards e-learning. Thus, some improvements are needed to support e-learning for nurses, such as more time for learning, additional knowledge about computer use, and adequate internet networking.ABSTRAK Pendahuluan: Perkembangan teknologi yang pesat mendorong metode pembelajaran yang lebih praktis, efisien dan cepat. Pemanfaatan metode e-learning diyakini sebagai metode pembelajaran yang efektif bagi perawat di lingkungan rumah sakit. Modul e-learning membutuhkan fasilitas yang memadai dan karakteristik peserta didik yang positif. Memahami kebutuhan dan sudut pandang pembelajaran perawat akan memfasilitasi penerapan e-learning yang efektif, terutama untuk pendidikan keperawatan yang berkelanjutan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengalaman dan pentingnya e-learning, hambatan, motivasi dan sikap perawat terhadap metode e-learning di sebuah rumah sakit swasta. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi serta menggunakan teknik purposive sampling dengan 66 sampel. Penelitian ini menggunakan kuesioner sikap terhadap e-learning yang diadaptasi dari Chong. Hasil: Studi ini mengungkapkan bahwa sebagian perawat sebagian besar sudah mempunyai pengalaman dengan e-learning (98.5%). Selain itu, perawat juga sebagian memiliki sikap positif terhadap e-learning (53%), hampir dua per tiga perawat termotivasi (74.2%), lebih dari separuh memandang bahwa e-learning kurang penting (51.5%) dan perawat melaporkan adanya sedikit hambatan dalam pembelajaran (57.6%). Namun, penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pengalaman, hambatan, motivasi dan pentingnya e-learning dengan sikap perawat terhadap e-learning (p value 0.05). Namun, perawat juga melaporkan hambatan utama untuk berpartisipasi dalam e-learning adalah kurangnya waktu dan akses komputer dengan internet (70%). Diskusi: Terlihat bahwa perawat mempunyai motivasi untuk terus belajar di lingkup praktik klinik menggunakan e-learning. Hanya sebagian perawat yang menunjukkan sikap positif terhadap e-learning, sehingga beberapa perbaikan diperlukan untuk mendukung e-learning untuk perawat, seperti lebih banyak waktu belajar, tambahan pengetahuan tentang penggunaan komputer, dan jaringan internet yang baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPKI

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia(JPKI) merupakan sarana pengembangan dan publikasi karya ilmiah bagi para peneliti, dosen dan praktisi keperawatan dan kesehatan. JPKI adalah jurnal cetak dan elektronik dengan sistem open access journal. JPKI menerbitkan artikel-artikel dalam lingkup ...