Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika
Vol. 4 No. 1 Juni 2018

Peningkatan Kinerja Jaringan Komputer dengan Border Gateway Protocol (BGP) dan Dynamic Routing (Studi Kasus PT Estiko Ramanda)

Tati Ernawati (Unknown)
Jemi Endrawan (Politeknik TEDC Bandung)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2018

Abstract

Routing dalam jaringan menjadi elemen utama karena merupakan proses pemilihan salah satu dari beberapa kemungkinan jalur pengiriman paket data dari alamat pengirim ke alamat tujuan. Protokol routing diperlukan untuk membentuk tabel routing berdasarkan informasi routing yang dipertukarkan setiap selang waktu tertentu sehingga pengalamatan pada paket data yang akan dikirim menjadi lebih jelas. Penelitian ini membangun dan mengkaji kinerja jaringan komputer (computer network performance) pada studi kasus di perusahaan yang bergerak dibidang jasa layanan internet, peningkatan kebutuhan jasa layanan internet menuntut adanya pengelolaan jaringan internal di perusahaan dalam upaya peningkatan kinerja jaringan komputer. Pengujian dilakukan pada parameter latency dan traceroute menggunakan metode dynamic routing Border Gateway Protocol  (BGP). Hasil uji menunjukkan sistem jaringan komputer dengan BGP memiliki efisiensi jaringan yang tinggi dengan rata-rata latency 0 ms (82 ms tanpa BGP) dan traceroute (konten lokal) 4 hop (8 hop tanpa BGP), namun traceroute (kontel non lokal) memiliki nilai presentase yang sama dikarenakan seluruh prefix non lokal harus diperoleh dari port backbone (port lama tanpa BGP).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

khif

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Khazanah Informatika: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, an Indonesian national journal, publishes high quality research papers in the broad field of Informatics and Computer Science, which encompasses software engineering, information system development, computer systems, computer network, ...