Jurnal Tadris IPA Indonesia
Vol. 1 No. 3 (2021)

Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Berbasis Reading Aloud Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Literasi Ilmiah Peserta Didik MTS Kelas VIII

Rahma Dhiyaul Imaroh (IAIN Ponorogo)
Hanin Niswatul Fauziah (IAIN Ponorogo)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Treffinger berbasis Reading Aloud terhadap kemampuan menulis literasi ilmiah peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 4 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 47 peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 4 Ponorogo. Instrumen pengambilan data menggunakan soal tes berupa essay yang diberikan kepada peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Treffinger berbasis Reading Aloud. Data dianalisis dengan uji-t menggunakan aplikasi Minitab. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai P-Value sebesar 0,000. Karena nilai P-Value kurang dari 0,05 maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis literasi ilmiah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Treffinger berbasis Reading Aloud dengan kemampuan menulis literasi ilmiah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtii

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences

Description

Jurnal Tadris IPA Indonesia diterbitkan oleh Tadris IPA, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo sebagai media untuk meningkatkan kreativitas guru (khususnya guru IPA), dosen, akademisi, dan praktisi yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian ...