An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 1 No 1 (2021): Mei-Agustus

STRATEGI PENANAMAN KARAKTER ISLAMI DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTs DARUSSHOLIHIN NW KALIJAGA

Muzakkir Walad (Dosen Tetap Program Studi Pendidikan Agama Islam)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2021

Abstract

Madrasah telah lama dianggap sebagai lembaga sosial yang memiliki fokus terutama pada pengembangan intelektual dan moral bagi siswanya. Seharusnya, semakin banyak orang terdidik, maka karakter anak semakin baik. Namun kenyataanya bahwa kemerosotan karakter saat ini masih terjadi dikalangan remaja dan dewasa. Salah satunya sekolah menenggah pertama yang banyak melakukan hal-hal yang menyimpang dalam melakukan suatu perbuatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengethui Strategi Penanaman Karakter Islami Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif Subyek dalam penelitian ini adalah guru Aqidah Akhlak kelas VIII MTs Darussholihin NW Kalijaga. Informan dalam penelitian ini adalah wakil kepala madrasah, guru Aqidah Akhlak lainnya dan siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Penanaman Karakter Islami Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Darussholihin NW Kalijaga. Melalui keteladanan, pembiasaan, motivasi, ceramah, pemberian hukuman. dan Faktor pendukung dalam menanamkan karakter islami terdiri dari dua faktor yaitu internal dan eksternal, faktor internalnya adalah adanya kerja sama antar guru disekolah dan adanya ekstarakurikuler di MTs Darussholihin,sedangkan faktor eksternalnya adalah respon positif dari pemerintah,bekerja sama dengan instasi lain serta dukungan orangtua.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

an-nahdlah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus ...