An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 1 No 1 (2021): Mei-Agustus

PENGARUH KEMAMPUAN MEMBUAT SIMULASI BERBASIS M-FILE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT SIMULASI GUI PADA PROGRAM MATLAB

Zainul Arifin (Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur)
Muhammad Irwanti (Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan membuat simulasi berbasis M-file terhadap kemampuan membuat simulasi berbasis GUI (Grafical User Interface) Pada Program MATLAB di Program Studi Tadris Matematika Semester IV Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun analisis data, penelitian menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan Software MINITAB untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antar variabel. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai rhitung = 20.80. Nilai ini selanjutnya dibandingkan dengan nilai rtabel dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh rtabel =4,10. Dari hal tersebut, diperoleh bahwa rhitung > rtabel. Hasil kemampuan simulasi M-file terdapat 10 orang mahasiswa yang kemampuan membuat simulasi M-file dalam katagori tinggi dengan presentase sebesar 27%, 27 orang mahasiswa memiliki kemampuan berbasis M-file dalam kategori sedang dengan presentase 73% dan tidak ada memiliki kemampuan rendah. Kemampuan membuat simulasi berbasis GUI terdapat 8 orang mahasiswa memiliki Hasil kemampuan berbasis GUI dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 22%, 29 orang mahasiswa memiliki Hasil kemampuan berbasis GUI dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 78% dan tidak ada mahasiswa yang memiliki kemampuan berbasis GUI dalam kategori rendah. Sehingga dari hasil ini menunjukkan Ada Pengaruh Kemampuan Mahasiswa Membuat Simulasi Berbasis M-File Terhadap Kemampuan Membuat Simulasi Berbasis GUI Pada Program MATLAB

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

an-nahdlah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus ...