An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 1 No 1 (2021): Mei-Agustus

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH

Muh Zulkifli (Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur)
Rosli Hady (Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2021

Abstract

Menghadapi era globalisasi yang penuh dengan persaingan dan ketidak puasan dibutuhkan guru yang visioner yang mampu mengelola proses belajar mengajar secara efektif dan inovatif di dalam kelas. Juga diperlukan perubahan strategi dan model pembelajaran yang sedemikian rupa sehingga dapat memberikan nuansa yang menyenangkan bagi guru dan peserta didik, sehingga tujuan pendidikan itu dapat tercapai atau berdaya guna. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran langsung. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan prestasi siswa di kelas VII MTs Babussalam NW Pengadang Baru, kendala apa saja yang menghambat meningkatnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data metode yang digunakan adalah metode wawancara, tes, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih sudah berhasil dan efektif. Hal ini dapat di lihat dari meningkatnya pemahaman siswa dan keterampilan siswa dalam melaksanakan tata cara taharah. Sehingga prestasi yang dicapai meningkat dan maksimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

an-nahdlah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus ...