An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 1 No 2 (2021): September - Desember

GERAKAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER ORGANISASI NAHDLATUL WATHAN: KONSEP DAN PRAKSIS

Suparman (Program Doktor Pascasarjana UIN Mataram)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Kajian Pendidikan Islam mencakup berbagai topik yang meliputi pemikiran, institusi, aktivitas, kebijakan, sampai pada ragam teori dan praktik atau dimensi konsepsi dan aplikasi. Mengingat bahwa pendidikan Islam telah berlangsung sejak era Rasulullah SAW. serta banyaknya karya tulis ulama’ klasik dan eksistensi institusi yang eksis hingga saat ini, maka substansi pendidikan Islam telah layak menjadi sebuah kajian tersendiri, bahkan memiliki teori dan konsep tersendiri pula. Maksudnya, ruang lingkup, konstruksi teoritis, dan aplikasi pendidikan Islam dengan terminologi lain, memenuhi syarat untuk membangun sebuah disiplin ilmu. Nahdlatul Wathan sebagai organisasi kemasyarakatan Islam telah memberikan andil kepada agama, nusa dan bangsa, dalam bidang pendidikan dan perannya membantu pemerintah mencerdaskan bangsa. Kebutuhan serta hajat masyarakat yang semakin besar dalam bidang pendidikan, tampaknya merupakan salah satu pendorong bagi Nahdlatul Wathan untuk berupaya meningkatkan dan mengembangkan diri dalam mengelola pendidikan. Pertumbuhan dan perkembangan pondok pesantren, madrasah, dan sekolah di lingkungan Nahdlatul Wathan terus mengalami peningkatan, baik jumlah dan jenis sekolah dan madrasah, tingkat atau jenjang pendidikannya, maupun kurikulum yang digunakan terutama yang berada di kelompok NWDI dan NBDI.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

an-nahdlah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus ...