Humanis : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 20, No. 2, Desember 2021

Penerapan Metode Pembelajaran Peer Lesson di Masa Pandemi Covid 19 Berbasis Lesson Study Pada Mata Kuliah Perlindungan Tanaman

deden, deden (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 merupakan musibah yang memilukan seluruh penduduk bumi. Seluruh segmen kehidupan manusia di bumi terganggu, tanpa kecuali dunia pendidikan. Akibat pembelajaran online, salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan di masa pandemi ini adalah masalah lemahnya minat mahasiswa dan kesulitan pemahaman materi dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan minat dan keaktifan Mahasiswa dalam proses pembelajaran, Dosen harus cermat untuk memilih strategi pembelajaran agar hasil belajar Mahasiswa meningkat. Salah satu metode pembelajaran lesson study yang dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa salah satunya adalah metode peer lesson. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar dan mendeskripsikan aktifitas Mahasiswa Matakuliah Perlindngan Tanaman yang diajar menggunakan metode peer lesson pada yang perkuliahanya dilakukan secara daring. Metode penelitian ini menggunakan jenis Quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan metode Peer Lesson sangat efektif untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar mahasiswa pada matakuliah perlindungan tanaman, mahasiswa lebih aktif untuk saling memberikan wawasan satu sama lain tentang materi perkuliahan yang sedang dikaji, sehingga para mahasiswa lebih mudah untuk memahami materi yang sedang dibahas. Secara kuantitas, nilai maksimun dan minimum hasil pembelajaran metode Peer Lesson lebih tinggi bila dibandingkan kelas kontrol. Hasil nilai belajar kelas eksperimen metode pembelajaran Peer Lesson mencapai skor maksimum 93 dan pada kelas kontrol nilai maksimum 86. Nilai minimum pada kelas eksperimen Peer Lesson skor 67 dan pada kelas kontrol skor nilai minimum 60. Hasil analisis keofisien variasi, pada kelas eksperimen Peer Lesson lebih kecil dari pada kelas kontrol yaitu sebesar 14,54 % dan pada kelas kontrol sebesar 23,87 %. Hasil belajar mahasiswa pada kelas eksperimen memiliki penyebaran yang lebih merata dibandingkan dengan kelas kontrol. Abstract: The Covid-19 pandemic is a tragedy that has grieved the entire population of the earth. All segments of human life on earth are disrupted, without the exception of the world of education. As a result of online learning, one of the problems faced by the world of education during this pandemic is the problem of weak student interest and difficulty understanding material in the learning process. To increase the interest and activity of students in the learning process, lecturers must be careful in choosing learning strategies so that student learning outcomes increase. One of the lesson study methods that can be used to increase student activity is the peer lesson method. This study aims to describe the learning outcomes and describe the activities of Plant Protection Course Students who are taught using the peer lesson method in those whose lectures are conducted online. This research method uses a quasi-experimental type. The results showed that learning with the Peer Lesson method was very effective in increasing student achievement and interest in learning in plant protection courses, students were more active in providing insight to each other about the lecture material being studied, so that it was easier for students to understand the material being studied. discussed. In terms of quantity, the maximum and minimum values of the Peer Lesson learning outcomes were higher than the control class. The results of the learning scores of the experimental class Peer Lesson learning method reach a maximum score of 93 and the maximum score of 86 in the control class. The minimum score in the Peer Lesson experimental class scores 67 and the control class scores a minimum score of 60. The results of the coefficient of variation analysis, the Peer Lesson experimental class is more smaller than the control class which is 14.54% and the control class is 23.87%. Student learning outcomes in the experimental class have a more even distribution than the control class.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Humanis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Humanis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar sejak tahun 2007. Humanis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Menerbitkan artikel ...