AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2: Juni 2020

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Fauziah Rohmatin (Universitas Ahmad Dahlan)
Uus Kusdinar (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena kepercayaan diri siswa kelas VII di salah satu MTs Muhammadiyah di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018 dalam mata pelajaran matematika masih rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) kelas VII Di salah satu MTs Muhammadiyah di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas VII B di salah satu MTs Muhammadiyah di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan catatan harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa kelas VII B di salah satu MTs Muhammadiyah di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018 mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilaksanakan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Peningkatan kepercayaan diri ditunjukkan oleh peningkatan setiap indikator kepercayaan diri siswa serta nilai rata-rata kelas. Indikator percaya pada kemampuan sendiri yang dimiliki siswa adalah 60,49% (cukup) menjadi 66,82% (tinggi), indikator bertindak mandiri dalam mengambil keputusan yang dimiliki oleh siswa adalah 58,80% (cukup) menjadi 67,59% (tinggi), indikator memiliki konsep diri yang positif pada siswa sebesar 60,19% (cukup) menjadi 71,45% (tinggi), dan indikator berani mengungkapkan pendapat yang dimiliki oleh siswa sebesar 58,33% (cukup) menjadi 68,39% (tinggi). Sedangkan untuk nilai rata-rata kelas dari siklus I sebesar 59,41% (cukup) menjadi 68,56% (tinggi) pada siklus II.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

AdMathEdust

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal AdMathEduSt dengan ISSN : 2355-8199 merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan. Focus jurnal ini pada publikasi hasil penelitian, kajian dan gagasan pengembangan dalam bidang pendidikan ...