AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 7, No 3: September 2020

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAVI DAN SAINTIFIK PADA MATERI SUDUT DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI 4 KULON PROGO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018

Vian Bima Fahrurrozi (Universitas Ahmad Dahlan)
Uus Kusdinar (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang berlangsung selama ini masih belum memaksimalkan segala potensi serta modalitas belajar pada diri siswa sehingga berakibat pada masih rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran matematika antara siswa dengan menggunakan pendekatan SAVI dan siswa dengan menggunakan pendekatan Saintifik ditinjau dari hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Adapun bentuk desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design dengan jenis Postest-Only Control Design. Dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu sebagai kelas kontrol yang telah dipilih secara acak (Random). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII C MTs Negeri 4 Kulon Progo, dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas VII A dan VII B. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang diberikan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Saintifik. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test (uji-t). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan signifikan antara hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan SAVI dibandingan dengan pendekatan Saintifik berdasarkan hasil uji-t dua pihak diperoleh 2,754548165. Hasil dari penelitian ini juga menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran matematika siswa dengan pendekatan SAVI lebih tinggi dari pada siswa dengan pendekatan Saintifik berdasar hasil belajar siswa, karena berdasarkan hasil uji-t satu pihak diperoleh 2,754548165 dan 1,68257 yang berarti bahwa pembelajaran dengan pendekatan SAVI lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan pendekatan Saintifik ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 4 Kulon Progo.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

AdMathEdust

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal AdMathEduSt dengan ISSN : 2355-8199 merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan. Focus jurnal ini pada publikasi hasil penelitian, kajian dan gagasan pengembangan dalam bidang pendidikan ...