AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2: Juni 2020

PENGARUH JENIS KELAMIN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Linda Nurhidayah (Universitas Ahmad Dahlan)
Uus Kusdinar (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Pembelajaran dikatakan efektif apabila dapat merespon kebutuhan khusus siswa. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan individual pada siswa, diantaranya adalah perbedaan jenis kelamin dan perbedaan gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika, (2) Mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika, dan (3) Mengetahui pengaruh interaksi jenis kelamin dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di kabupaten Bantul. Pengambilan sampel dilakukan dengan Random Sampling terhadap kelas dan didapatkan kelas VIII A sebagai kelas sampel dan kelas VIII D sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas, daya pembeda, taraf kesukaran, dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh: (1) Nilai dan sehingga , artinya tidak ada pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika. (2) Nilai dan sehingga, artinya tidak ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. (3) Nilai dan sehingga, artinya tidak ada pengaruh interaksi jenis kelamin dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

AdMathEdust

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal AdMathEduSt dengan ISSN : 2355-8199 merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan. Focus jurnal ini pada publikasi hasil penelitian, kajian dan gagasan pengembangan dalam bidang pendidikan ...