Dalam belajar matematika yang terpenting adalah seberapa besar kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah matematika. Dengan adanya kesulitan siswa terjadilah kesalahan siswa baik dalam belajar maupun dalam menyelesaikan soal-soal bilangan berpangkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan banyaknya siswa kelas SMK Jurusan Busana yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal terkait materi bilangan berpangkat ditinjau dari empat aspek kesalahan, yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan fakta, kesalahan operasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Busana di salah satu SMK Negeri di Bantul. Objek penelitian adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal uraian materi operasi bilangan berpangkat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan wawancara. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan berupa: kesalahan fakta (3,09% siswa), konsep (30,2% siswa), operasi (25,9% siswa), dan prinsip (3,4% siswa). Beberapa faktor penyebab kesalahan siswa yaitu siswa beranggapan proses tidak diberi langkah, tidak paham maksud soal, tidak teliti, terburu-buru, tidak fokus, belum memahami operasi bilangan berpangkat, belum memahami cara mengubah bentuk pecahan menjadi pangkat, dan belum memahami sifat eksponen bilangan berpangkat.
Copyrights © 2020