JURNAL PROFESI KEGURUAN
Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Profesi Keguruan

Pengaruh Siklus Belajar Hipotesis Deduktif pada Konsep Reaksi Redoks Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis

Haerunnissa, Nina (Unknown)
Solfarina, Solfarina (Unknown)
Langitasari, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siklus belajar hipotesis deduktif pada konsep redoks terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA yang terdiri atas kelas eksperimen dan kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, sebanyak 13 soal uraian yang valid dan reliabel,dan lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan KBK siswa berdasarkan nilai N-Gain pada aspek memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, dan memberikan penjelasan lebih lanjut pada kelas kontrol berturut-turut adalah 0,22; 0,25; 0,30; dan 0,27, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 0,40; 0,41; 0,45; dan 0,40. Nilai N-Gain tersebut menunjukkan tingkat KBK kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal tersebut didukung oleh hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan KBK antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa siklus belajar hipotesis deduktif berpengaruh lebih baik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dibanding pembelajaran demonstrasi.This research aim is to find out the effect of hipotetical deductive cycle learning on redox reaction concept to student critical thinking skills. Type of research is quasi experimental with nonequivalent control group design. Sample of research is students of science class X as experimental and control class taken by purposive sampling technique. Data collection methods used are  test with 13 description questions that has validity and reliability and observation with observation sheet. Data of research result were analyzed by statistic and descriptive. The result showed increasing of CTS based on N-Gain value in aspects simple explanation building basic skills, concluding, and giving further explanation in sequence is 0,22; 0,25; 0,30; and 0,27 at control class and 0,40; 0,41; 0,45; and 0,40 at experimental class. N-Gain value showed CTS level of experimental is higher than control class. Its supported by hipothesis test dengan independent sample t-test result that showed there are differences of CTS between experimental and control class so it can be concluded that hipotetical deductive cycle learning take positive effect to critical thinking skills outcomes of students.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education

Description

The Jurnal Profesi Keguruan is scientific publication works in the education world by teachers, professors, and the society. Scientific papers published in this journal is an article the results of research or innovative and progressive ideas in the field of formal education. The article can be a ...