Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 6, No 3 (2021): Agustus 2021

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Segiempat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) pada Siswa SMP Kelas VII

Dara Shavira (Syiah Kuala University)
R. M. Bambang S (Syiah Kuala University)
Suhartati Suhartati (Syiah Kuala University)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Perangkat pembelajaran yang sudah ada belum maksimal untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif dan masih perlu perbaikan karena tidak mengintegrasikan model pembelajaran yang baru dan terbatas pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) saja. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh perangkat pembelajaran materi segiempat dengan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) pada Siswa SMP kelas VII yang valid. Perangkat pembelajaran tersebut berupa RPP satu halaman, LKPD dan Tes Hasil Belajar (THB). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Plomp, dengan tahapan investigasi awal, perancangan, dan penilaian. Namun pada penelitian ini dibatasi hingga dua tahapan saja yakni investigasi awal dan perancangan. Sumber data penelitian ini diperoleh dari tiga dosen ahli yang merupakan dosen Program Studi Matematika FKIP Universitas Syiah Kuala yang berperan sebagai validator. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar validasi. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi segiempat yang terdiri dari persegi, persegi panjang dan jajargenjang dengan hasil analisis validasi berupa RPP satu halaman, LKPD dan THB memperoleh kriteria sangat valid. Skor rata-rata total untuk RPP pada setiap pertemuan yaitu 4,37, LKPD untuk setiap pertemuan yaitu 4,46, dan THB yaitu 4,65 yang ketiganya menunjukkan kriteria sangat valid. Harapannya, peneliti berikutnya dapat melakukan uji praktis dan efektif dari perangkat pembelajaran yang diperoleh.Keywords:     Pengembangan, Perangkat pembelajaran, Rotating trio exchange.

Copyrights © 2021