Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2020): Mei 2020

Hasil Belajar Siswa melalui Model Problem Based Learning pada Materi Relasi dan Fungsi di SMPN 5 Banda Aceh

Ropi Liyanti (Universitas Syiah Kuala)
Suryawati Suryawati (Universitas Syiah Kuala)
Suhartati Suhartati (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Pencapaian hasil belajar peserta didik SMPN 5 Banda Aceh pada materi relasi dan fungsi belum mencapai kategori baik. Usaha yang dapat diterapkan supaya pencapaian kategori hasil belajar menjadi baik salah satunya ialah dengan menyajikan materi relasi dan fungsi melalui permasalahan kontekstual yang saling terkait. Pelaksanaan model PBL melibatkan peserta didik untuk menyelidiki suatu permasalahan, menyelesaikannya serta mencari hubungan konsep yang baru didapat dengan konsep yang dipelajari sebelumnya. Tujuan riset ini ialah untuk mengetahui kategori hasil belajar peserta didik pada materi relasi dan fungsi melalui penerapan model PBL di SMPN 5 Banda Aceh. Riset ini berkaitan dengan riset kuantitatif dan jenis riset yang dipakai ialah Pre-Experimental Design dengan design One-Shot Case Study. Populasi dalam riset ini ialah semua peserta didik kelas VIII SMPN 5 Banda Aceh dan menggunakan 25 peserta didik kelas VIII-2 SMPN 5 Banda Aceh sebagai sampel. Pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes. Data tes hasil belajar peserta didik dianalisis secara statistik dengan memakai uji-t pihak kanan. Kategori baik hasil belajar peserta didik terdapat pada interval 71 – 85. Analisis uji hipotesis data tes hasil belajar peserta didik dengan memakai uji-t satu pihak atau uji-t pihak kanan berdasarkan taraf signifikan  – 0,05 dan dk = 24 diperoleh  yaitu 2,43 1,71. Berdasarkan hasil riset dapat dinyatakan bahwa hasil belajar peserta didik dapat mencapai kategori baik pada materi relasi dan fungsi melalui penerapan model PBL di kelas VIII SMPN 5 Banda Aceh. Implikasi dari riset ini berupa pengaplikasian model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar peserta didik, Relasi dan Fungsi, Model Problem Based Learning.

Copyrights © 2020