Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah teori Botani Phanerogamae dan memberikan alternatif lain pembelajaran teori Botani Phanerogamae sehingga lebih bervariasi. Hipotesis penelitian ini adalah: penggunaan multimedia pada pembelajaran teori Botani Phanerogamae dapat meningkatkan hasil belajar bila 75% mahasiswa memperoleh nilai di atas 60. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Biologi angkatan 2003 yang sedang mengikuti mata kuliah Botani Phanerogamae. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pra eksperimental dengan desain one shot case study. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal ujian akhir semester (UAS) yang terdiri dari soal-soal pilihan ganda yang melatih berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan analisis uji z dengan kriteria belajar tuntas, ternyata penggunaan multimedia pada pembelajaran Botani Phanerogamae belum dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, karena mahasiswa yang mendapat nilai di atas 60 kurang dari 75%. Tetapi apabila dilihat dari nilai rata-rata ujian tengah semester (UTS) sebelum diterapkan multimedia dan nilai rata-rata UAS, terjadi peningkatan hasil belajar yaitu dari 53,1 menjadi 62,7. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia meningkatkan hasil belajar mahasiswa walaupun belum memenuhi kriteria belajar tuntas.
Copyrights © 2003