Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan terhadap efektivitas belajar mengajar di SDN Kali Baru I Kota Bekasi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah survei, yaitu kuesioner. Sampel terdiri dari 28 guru SD Kali Baru I Kota Bekasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 22 untuk uji validitas dan reliabilitas. Dilakukan uji normalitas dan uji linieritas yang meliputi uji hipotesis yang membandingkan nilai probabilitas 5% dan uji hipotesis yang membandingkan nilai t hitung dengan t tabel. Setelah itu dilakukan uji regresi linier sederhana sebagai solusinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan berpengaruh signifikan terhadap efektivitas proses belajarmengajar di SDN Kali Baru I Kota Bekasi, yaitu 0,001 < nilai probabilitas 0,05. Hasil uji determinasi menunjukkan nilai R Square sebesar 0,0363. Nilai ini mengandung pengertian bahwa pengaruh pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan (X) terhadap efektivitas proses belajar mengajar (Y) adalah 36,3%, sedangkan sisanya 63,7% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
Copyrights © 2019