Profetika
Vol. 23, No. 1, Juni 2022

UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU NEGATIF PADA SISWA KELAS X SMK N 1 JATIROTO

Rojif Mualim (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Badrus Zaman (IAIN Salatiga)
Muthoifin Muthoifin (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Senior High School students (SMA) or equivalent, that they are living in the transition phase from adolescence to adulthood, unstable is a characteristic of their life, external influences can easily contaminate or affect their lifestyle or their attitudes. It is not uncommon for them to be contaminated with negative attitudes, thus making them do things that lead to delinquency, so it's no wonder we often encounter this in the school world. Therefore counseling guidance teachers have an important role in overcoming acquaintances in school. This type of research is descriptive qualitative. Data collection methods used in this study were interviews, observation and documentation. At the analysis stage there is data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the research on the efforts of the counseling guidance teacher in overcoming the negative behavior of class X students of SMK N 1 Jatoroto are as follows; coaching efforts, supervising efforts, cooperative efforts with homeroom teachers or parents.Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat dengan itu, bahwa mereka sedang hidup di fase transisi dari remaja menuju dewasa, labil adalah ciri kehidupannya, pengaruh-pengaruh dari luar pun mudah mengkontaminasi atau mempengaruhi gaya hidup mereka atau pun sikap mereka. Tak jarang juga bahwa mereka terkontaminasi sikap negatif, sehingga membuat mereka melakukan hal-hal yang mengarah kepada kenakalan, maka tak heran hal ini sering kita jumpai di dunia sekolahan. Oleh sebab itu guru bimbingan konseling mempunyai peran penting dalam mengatasi kenalakan di sekolahan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada tahapan analisa ada pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian tentang upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku negatif siswa kelas X SMK N 1 Jatoroto sebagai berikut; upaya pembinaan, uapaya pengawasan, upaya kerjasama dengan wali kelas atau pun kepada orang tua.

Copyrights © 2022