Global Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2021): Mei 2021, GLOBAL ABDIMAS

Peningkatan Kemampuan Manajemen Dalam Pengelolaan Elektronik Komplain Layanan Laboratorium Universitas Nurul Jadid

M. Fadhilur Rahman (Universitas Nurul Jadid, Indonesia)
M Syafiih (Universitas Nurul Jadid, Indonesia)
Zidan Abdallah Maulana Rahman (Universitas Nurul Jadid, Indonesia)
Imam Mawardi (Universitas Nurul Jadid, Indonesia)
Ahmad Romadhani (Unknown)
Taufiqur Rahman (Universitas Nurul Jadid, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 May 2021

Abstract

Laboratorium Komputer Universitas Nurul Jadidi menjadi tanggung jawab penuh Fakultas Teknik, pemanfaatan layanan laboratorium bagi mahasiswa teknik dan diluar Fakultas Teknik yang membutuhkan praktikum komputer. Penggunaan laboratorium diatur sesuai jadwal roster kuliah yang telah ditetapkan diawal perkuliahan pada setiap semesternya, sedangkan penggunaan ekstra akan disesuaikan diluar jadwal kuliah. Permasalahan yang terjadi adalah manajemen akan sulit menentukan jadwal tepat pagi pengguna laboratorium. Solusinya perlu adanya aplikasi yang mengatur penggunaaan serta kuluhan dari mahasiswa dan dosen, aplikasi tersebut akan mengakomodir semua kebutuhan dan keluhan yang ada di laboratorium komputer Fakultas Teknik. Agar manajemen paham menggunakan aplikasi perlu adanya pelatihan tujuannya agar mudah memahami penggunaan aplikasi e-komplain. Metode yang digunakan adalah Longitudinal Method merupakan metode untuk menentukan dan mengukur data secara berulang untuk satu atau beberapa variable. Hasilnya adalah aplikasi e-komplain yang sudah siap digunakan oleh Fakultas Teknik Universitas Nurul Jadid.

Copyrights © 2021