PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KEBERHASILAN PROGRAM PAUD YANG TERINTREGRASI DENGAN POSYANDU Aulia Abid Mahardika, Fakhruddin, Tri SuminarJurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri SemarangSemarang 50229, IndonesiaEmail: abidmahardika11@gmail.comfakhruddin@mail.unnes.ac.idtri.suminar@mail.unnes.ac.id AbstrakPenelitian ini bertujuan; Mendeskripsikan bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam keberhasilan progam PAUD yang terintegrasi dengan posyandu, Mendeskripsikan faktor-faktor apakah yang mendukung dan yang menghambat partisipasi masyarakat dalam keberhasilan progam PAUD yang terintegrasi dengan posyandu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dpcumentasi sebagai pengumpulan data, dengan subyek penelitian terdiri dari orang tua wali murid, pendidik PAUD, pengelola PAUD, petugas posyandu dan kader posyandu, Tokoh masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa keberhasilan program PAUD yang terintegrasi dengan Posyandu, karena adanya partisipasi orang tua/wali murid, masyarakat, dan pemerintah baik dalam bentuk partisipasi finansial, material, akademik, kultural, evaluatif. Faktor penghambat partispasi masyarakat yaitu; sikap apatisme, rendahnya kepercayaan masyarakat, pandangan masyarakat. Faktor pendukung pola pikir masyarakat, pendidikan, akreditasi, sosialisasi tentang pentingnya pendidikan, persepsi terhadap pendidikan. Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Paud & Posyandu
Copyrights © 2018