PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN MODEL BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) PADA ANAK USIA DINI Septiya Yuningsih Achmad Rifai, Bagus KisworoPendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Semarangseptiyayuningsih1@gmail.com, rifaipls@mail.unnes.ac.id,bagus.kisworo@mail.unnes.ac.id Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis penyelenggaraan pembelajaran model BCCT di PAUD Labschool Unnes. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 5 Guru Sentra termasuk seksi kurikulum, serta orang tua murid dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Aktivitas dalam analisis data, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dilakukan dengan metode pendidikan berpusat pada anak dengan setting pembelajaran yang merangsang anak untuk aktif dan kreatif sehingga anak dapat belajar melalui pengalaman mainnya. Simpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan dalam sentra meliputi pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan setelah main. Saran dalam pelaksanaan di sentra pembelajaran hendaknya anak diarahkan oleh guru sentra untuk bermain di kesempatan main yang lain. Kata Kunci: Pembelajaran, Beyond Centers and Circle Time (BCCT), Anak Usia Dini.
Copyrights © 2018