PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI KB BINA CITRA CENDEKIA UNGARAN 1Fiqri Ana Cintia Putri, 2Achmad Rifai 12Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIPUniversitas Negeri Semarang 1fiqriana.cintia@gmail.com,2 rifaipls@mail.unnes.ac.id ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan:Penyelenggaraan Program Pendidikan Karakter KB Bina Citra Cendekia Ungaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini terdiri dari 1 kepala sekolah, 2 pendidik kelas KB A, dan 3 orangtua siswa KB A. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber,metode, dan teori. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penyelenggaraan Program Pendidikan Karakter KB Bina Citra Cendekia Ungaran mencakup 5 aspek yang dilaksanakan dengan baik oleh kepala sekolah dan pendidik. Penyelenggaraan program dilaksanakan dengan tahapan pengembangan kurikulum, proses pembelajaran, sarana yang digunakan, sistem penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, serta kendala dan faktor pendukung.Kata Kunci: Penyelenggaraan Program, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini
Copyrights © 2020